AL-WILDAN ISLAMIC SCHOOL

Mataram, 5 Juni 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) bekerjasama dengan AL WILDAN ISLAMIC SCHOOL 20 MATARAM mengadakan kegiatan penanaman pohon. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan memberikan kontribusi nyata dalam upaya penghijauan.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh semangat oleh seluruh civitas akademik AL WILDAN ISLAMIC SCHOOL 20 MATARAM bersama dengan jajaran ATR/BPN. Pohon-pohon yang ditanam diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas udara, mengurangi dampak pemanasan global, dan menyediakan habitat bagi satwa lokal. Selain penanaman pohon, acara ini juga diisi dengan edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup, yang disampaikan oleh para ahli lingkungan dan praktisi dari ATR/BPN.

 

SEJARAH HARI LINGKUNGAN HIDUP

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni sebagai upaya global untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Sejarah hari ini berkaitan dengan berbagai peristiwa dan gerakan lingkungan yang mendorong perlindungan alam secara global.

  • Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Lingkungan Manusia (Stockholm, 1972): Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimulai sebagai hasil dari Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lingkungan Manusia yang diadakan di Stockholm, Swedia, pada tanggal 5-16 Juni 1972. Konferensi ini merupakan forum pertama yang secara serius membahas isu-isu lingkungan global dan menjadi tonggak penting dalam pengembangan kesadaran global tentang perlindungan lingkungan.
  • Pendirian Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP): Sebagai hasil dari Konferensi Stockholm, Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) didirikan sebagai badan khusus PBB untuk mempromosikan perlindungan dan pemulihan lingkungan global.
  • Resolusi PBB tentang Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Pada tahun 1972, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang menetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diadopsi oleh banyak negara sebagai momentum untuk memperkuat komitmen mereka terhadap perlindungan lingkungan.
  • Perkembangan Gerakan Lingkungan Global: Sejak pendirian UNEP dan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, gerakan lingkungan telah berkembang pesat di seluruh dunia. Organisasi non-pemerintah, aktivis lingkungan, dan masyarakat sipil telah memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan dan menekan pemerintah dan industri untuk bertindak.
  • Tema “Land restoration, desertification and drought resilience”: Setiap tahun, Hari Lingkungan Hidup Sedunia memiliki tema tertentu yang dirancang untuk menyoroti isu-isu lingkungan khusus yang membutuhkan perhatian global. Tema ini sering kali mencakup isu-isu seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, pengelolaan limbah, dan perlindungan sumber daya alam.

 

Semoga kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kelestarian alam dan kesejahteraan generasi mendatang. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!

 

Mari terus berupaya menjaga dan merawat bumi kita tercinta, barakallahu fiikum. 🌳🌍